Program studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik UMSurabaya mengadakan...

Global Cultural Exchange Summer Camp adalah sebuah program musim...

Salah satu tugas Akhir terbaik program studi Arsitektur tahun ini...

6 Juli 2019, mahasiswa Teknik Sipil UMSurabaya menyelenggarakan...

5 Juli 2019, Prodi Teknik Sipil mengadakan Kuliah Tamu bersama...

Earthquake Resistant Design Competition (ERDC) adalah lomba...

International Guest Lecture Prodi Teknik Sipil bersama Prof Hsu dan Prof Wang (NCU, Taiwan)

Program studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik UMSurabaya mengadakan Internasional Guest Lecture bertema "Study Opportunity and Recent Research Trend in Taiwan" pada kamis (07/11/2019) pukul 12.30 WIB, bertempat di ruang kuliah Gedung At-Tauhid lantai 5.  Kuliah ini diikuti oleh puluhan mahasiswa teknik sipil UMSurabaya, pimpinan Fakultas Teknik, dan Dosen Teknik Sipil UMSurabaya. Tidak hanya itu, beberapa mahasiswa dari universitas lain juga ada yang datang untuk menghadiri acara kuliah tamu ini. 

 

Acara tersebut dibuka dengan sambutan oleh Wakil Rektor I UMSurabaya, Dr. A. Aziz Alimul Hidayat, S.Kep., NS., M.Kes. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan selamat datang kepada Prof.Hsieh-Lung Hsu dan Prof.Han-Hsiang Wang dari National Central University (NCU), Taiwan. Selain itu, beliau menyampaikan bahwa kuliah tamu ini merupakan langkah penting untuk memperbanyak implementasi kegiatan internasional. Apresiasi beliau berikan pada Program Studi Teknik Sipil telah berhasil mengadakan acara ini. "Saya bangga terhadap prodi ini yang telah berkali-kali melakukan kegiatan implementasi berupa kuliah umum untuk yang kedua kalinya ini", tutur beliau.

 

 

Acara kuliah tamu tersebut dimoderatori oleh dosen Teknik Sipil, Ibu Himatul Farichah. Ada dua pemateri dalam kuliah tamu tersebut, yaitu Prof. Hsieh-Lung, Hsu (vice president of NCU for OIA of NCU, Professor of department of civil engineering) dan Prof. Han-Hsiang, Wang (Professor of department of civil engineering). Materi pertama disampaikan oleh Prof.Hsieh-Lung Hsu. Beliau mengawali kuliahnya dengan mengenalkan NCU dan beasiswa yang ditawarkan oleh NCU. Kemudian dilanjutkan dengan menyampaikan tentang penelitian terbaru beliau di dibidang teknik sipil (khususnya struktur). “Taiwan dan Indonesia itu memiliki kemiripan. Taiwan punya gempa, Indonesia juga. Taiwan punya banjir, Indonesia juga. Taiwan punya longsor, Indonesia juga. Taiwan punya likuifaksi, Indonesia juga” papar beliau. Selain itu, beliau juga mengingatkan bahwa Indonesia terletak pada batas lempeng, sehingga gempa adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari. Dalam kuliahnya, beliau dengan bersemangat memaparkan tentang rancangan damper yang sudah beliau teliti dengan dibantu mahasiswanya. Damper tersebut mampu memberikan efisiensi dibandingkan dengan damper lain.

 

Sementara itu, Prof.Han-Hsiang Wang menyampaikan bahwa penelitian teknik sipil yang dipadukan dengan ilmu management. Menurut beliau, perpaduan ini menjadi hal penting karena kebutuhan keuangan dan lamanya waktu juga menjadi deskriptor penting untuk mendesain dan membangun gedung. Kedua pemateri juga memotivasi mahasiswa untuk berkuliah ke Luar negeri. Beliau juga dengan senang hati jika ada yang berminat untuk melanjutkan studi ke NCU.

Kategori Artikel: 

Get in touch with us

Fakultas Teknik.

Fakultas yang unggul dan menjadi rujukan dalam pengembangan pendidikan teknologi kejuruan dan keteknikan.

Contact us

Kampus Terpadu

Jl.Sutorejo No.59,
Surabaya 60113.

Tel: 031 - 3811966:138

Education - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.