Conventio dignissim genitus lenis qui rusticus. Adipiscing causa...

Ibidem importunus sagaciter suscipere vulputate. Incassum iustum...

Eum magna odio. Commodo eligo jugis. Appellatio comis jumentum...

Menutup lembaran tahun 2016: DESAIN YANG BER-EMPATI

SERIAL DISKUSI ARSITEKTUR TERAPAN :

Menutup lembaran tahun 2016  Prodi Teknik Arsitektur Universitas Muhammadiyah Surabaya  menyelenggarakan Diskusi Ilmiah dengan tema “Merancang Arsitektur dengan Empati”, dengan nara sumber Dr. Arina Hayati (ITS Surabaya) dan pembahas Fibria Conytin, MT. (UM Surabaya).  Diskusi yang diselenggarakan di gedung F kampus UMSurabaya ini membahas tentang pentingnya merancang arsitektur dengan empati, latar belakangnya, serta penerapannya pada rancangan arsitektur, interior, maupun lansekap.  Diskusi ini dihadiri oleh sekitar 80an peserta yang terdiri dari para dosen dan mahasiswa program studi teknik arsitektur.

Arsitektur seperti yang dikemukakan oleh Van Der Ryn adalah harus berpusat pada manusia.  Untuk mewujudkan rancangan arsitektur dengan empati, arsitek harus benar-benar mempertimbangkan kebutuhan dari penggunanya, baik fisik maupun non-fisik. “ To be empathic, design must be human centered—it must consider the needs of the end user, including physical and emotional health, and the connection to others and nature”  Namun demikian fakta yamg terungkap dalam diskusi kali ini adalah bahwa arsitektur yang berempati masih belum banyak diterapkan di Indonesia, terutama pada rancangan fasilitas-fasilitas umum.

Hasil diskusi menyimpulkan bahwa desain dengan empati dapat digunakan sebagai pendekatan desain “user experience” (kolaborasi antara perancang dan pengguna).  Untuk mewujudkannya diperlukan keseimbangan antara pendekatan rasional dan pendekatan empiris (empatic).  Selain itu juga disimpulkan bahwa pendekatan ini merupakan integrasi antara problem solving dan innovasi dalam berarsitektur. 

Kategori News & Events: 

Sponsors

Get in touch with us

Fakultas Teknik.

Fakultas yang unggul dan menjadi rujukan dalam pengembangan pendidikan teknologi kejuruan dan keteknikan.

Contact us

Kampus Terpadu

Jl.Sutorejo No.59,
Surabaya 60113.

Tel: 031 - 3811966:138

Education - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.