TUGAS AKHIR ARSITEKTUR: PESANTREN MODERN BERWAWASAN LINGKUNGAN

Berangkat dari keprihatinan akan kondisi pesantren di daerah asalnya (Madura) yang pada umumnya tidak terdesain dengan baik, Hefniansyah mahasiswa Prodi Arsitektur UMSurabaya terinspirasi untuk mengajukan rancangan Pondok Pesantren dengan konsep modern sebagai judul tugas akhirnya. Kedekatannya dengan dunia pesantren memberikan kemudahan baginya dalam pengerjaan tugas akhir. Akrab dengan lingkungan pesantren di kampung halamannya di Madura, ia sangat memahami  problematika kehidupan sehari-hari di lingkungan pondok.

 

Melalui proses desain yang dilakukannya secara pragmatik akhirnya ia dapat mewujudkan suatu rancangan pesantren modern yang berwawasan lingkungan. Aspek pemanfaatan terhadap potensi lingkungan sekitar menjadi salah satu hal yang utama dalam desainnya. Hal ini selaras dengan nilai-nilai Islam yang menjadi kewajiban untuk dirujuk dalam pengerjaan tugas akhir di Prodi Arsitektur UMSurabaya.

Hal yang menarik pada desain pondok pesantren ini adalah adanya telaga buatan di tengah komplek pondok yang menjadi pusat orientasi utama. Telaga ini selain berfungsi sebagai pusat orientasi, juga berfungsi sebagai tempat pemeliharaan ikan,  dan penampungan air untuk persediaan di musim kemarau.

Pada akhir sesi presentasi di sidang tugas akhir, Hefni menyampaikan harapannya agar hasil rancangannya ini dapat diterapkan di pesantren tersebut dan menjadi bagian dari rencana pengembangan pesantren di masa depan. (vip)

Kategori News & Events: 

Get in touch with us

Fakultas Teknik.

Fakultas yang unggul dan menjadi rujukan dalam pengembangan pendidikan teknologi kejuruan dan keteknikan.

Contact us

Kampus Terpadu

Jl.Sutorejo No.59,
Surabaya 60113.

Tel: 031 - 3811966:138

Education - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.